Followers

Senin, 30 Mei 2011

UI Duduki Peringkat Ke-6 Asia Tenggara


Saya turut bangga, mendengar Universitas Indonesia menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam 10 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara. Universitas Indonesia menempati peringkat keenam dalam penilaian yang dilakukan Quacquarelli Symonds Asian Top Universities (QS Asian Top Universities) pada Mei 2011.

Selain itu, Universitas Indonesia (UI) tetap menjadi 50 terbaik di Asia dari 201 perguruan tinggi di dunia yang dinilai QS. Di bidang Social Sciences and Management, UI berada di peringkat ke-14 mengungguli beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia, seperti Korea University, Korea Selatan (ke-23), Osaka University, Jepang (ke-16), Universiti Malaya, Malaysia.

Sementara itu, di bidang Arts and Humanities, UI berhasil menduduki peringkat ke-19 besar Asia. Pada bidang Life Sciences and Medicine, UI berada di peringkat ke-25 di Asia dan untuk bidang IT & Engineering berada pada peringkat ke-52 di Asia.

Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi/Juru Bicara UI, mengatakan, UI berupaya terus meningkatkan mutu dan kualitas akademiknya. Upaya ini dilihat dari sejumlah prestasi yang diukir mahasiswa UI di ajang internasional pada, antara lain, dalam kompetisi The 12th AUN Educational Forum and The Young Speaker Contest di Thailand, 2-8 Mei 2011, yang melalui Natalia R Tampubolon dari FISIP UI berhasil menjadi juara pertama. Natalia bersama Andreas Senjaya dari Fasilkom UI terpilih sebagai Indonesian Representative dalam Forum Country Report on Consideration and Adoption of the Youth ASEAN + 3 Joint Statement.

Selain itu, lima mahasiswa UI yang tergabung dalam Tim Jayawijaya berhasil menjadi Juara Dunia "8th Trust by Danone" di Paris, 4-6 April 2011. Sementara itu, Dyah Ayunico Ramadhani dan Indah Gilang Pusparani dari FISIP UI meraih penghargaan "Best Diplomacy Award" dalam Harvard World Model United Nations (World MUN) 2011 di Singapura pada 14-18 Maret 2011.

QS Top Asian Universities adalah lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia dengan indikator telah teruji, antara lain research quality, teaching quality, graduate employability, dan internationalitation. Melakukan pemeringkatan sejak 2004, QS menyajikan pemeringkatan berdasarkan subyek, seperti peringkat universitas di bidang Arts & Humanities, Engineering & Technology, Social Science & Management, Natural Science, serta Life Science & Medicine.

"Berdasarkan penilaian yang dikeluarkan QS itu, saat ini ada tiga perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang masuk dalam 100 besar di Asia pada 2011, yaitu Universitas Gadjah Mada di peringkat ke-80, Universitas Airlangga pada peringkat ke-86, dan Institut Teknologi Bandung di peringkat ke-98," ujar Vishnu kepada Kompas.com, Senin (30/5/2011).

Source : http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/30/11304784/UI.Duduki.Peringkat.Ke-6.Asia.Tenggara

1 komentar:

WONG JAWA mengatakan...

Follow sukses di urutan #138, ditunggu re-follownya di http://majapahit1478.blogspot.com.
Salam persahabatan.

Komunitas

Entri Populer

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys