Followers

Rabu, 16 November 2011

Catatatan Kuliah Part I : Pencarian jati diri

Kuliah,,, jadi Maha-Siswa....
Seorang yang maha bebas, akan ditemui di zaman kuliah. Setidaknya itulah pengalamanku selama empat tahun menjadi mahasiswa. Tahun 2007 silam aku tamat dari MAN2 Batusangkar. Seperti orang kebanyakan aku juga ingin menjadi maha. Beberapa perguruan tinggi menjadi incaranku. Mulai dari yang di luar negeri, luar daerah, sampai dekat rumah.

Akhirnya pilihanku jatuh di IAIN IB Padang. Bisa dibilang begitu, karena memang pilihan lain memiliki hambatan meskipun sudah diterima. Ya, Jadi di IAIN IB Padanglah akhirnya aku berlabuh selama empat tahun.

Pengembaraanku di kampus, diawali dengan penyakit. Ya sakit, yang membuatku tidak bisa mengikuti orientasi mahasiswa baru. Disatu sisi asik tidak susah payah, disisi lain tidak bisa mendapatkan pengalaman. ya,, kira2 begitulah..

Teman-teman yang kutemui di kampus, banyak yang unik. Kebanyakan teman yang masuk kuliah lebih tua dariku. (Itu karena aku lebih cepat sedikit masuk sekolah). Unik disini maksudnya, karena berasal dari berbagai daerah, jadi banyak perbedaan mulai dari bahasa, budaya dan etika.

Sebelum menceritakan lebih lanjut, aku ingin memperkenalkan dulu jurusanku di IAIN. Jurusanku yaitu program khusus atau bisa disebut juga International Class di Fakultas Ushuluddin. Jurusan ini pada waktu itu berbeasiswa. Mahasiswa diberi fasilitas asrama, uang dan bebas biaya kuliah. Alhamdulillah juga aku bisa lulus di jurusan ini, meskipun-meskipun....??!!

Itulah sekilas jurusanku. Teman-teman yang berada di jurusanku, dari pertama kali masuk sampai hari ini sudah tamat, aku mengakui seluruh teman-teman yang satu angkatan denganku adalah orang-orang luar biasa. yang pintar dan memiliki berbagai kemampuan. Sehingga aku bisa terbawa arus 'pandai' juga. Mudah-mudahan.

Akibat sekelas dengan orang yang semuanya pintar, juga membuat diriku kadang minder. kadang takut salah, kadang juga termotivasi, seolah-olang ingin mengatakan 'saya juga mampu'. itulah sekilas dilema yang ada di kampus. Yang paling menjadi ironi adalah jatah yang diberikan pihak kampus. Nah, jatah ini waktu itu aku juga sempat bingung, karena memang waktu awal kuliah aku belum memiliki banyak aktivitas dan organisasi. Jadi aku hanya mengambil jatah, untuk hal-hal yang tak bermamfaat. sepertti tidur, main-main dan lain sebagainya.

Hal yang membuat diriku masih susah beradaptasi di kampus adalah masa transisi atau peralihan dari sekolah ke kampus. Sistemnya sangat berbeda. Kalau disekolah mulai dari hal kecil diatur, nah kalau dikampus, semuanya kitalah yang mengatur. Ya, istilahnya harus bisa pandai-pandai membagi waktu. Jadi intinya awal-awal di kampus merupakan masa pencarian jati diri. Mau jadi orang yang luar biasa atau biasa-biasa saja, tergantung bagaimana usaha dan kemampuan.

^^^^^^

Sebetulnya masih banyak yang diceritakan dari pengalaman di kampus. Cuman bingkai-bingkai ini belum sempat aku catat semua karena beberapa kendala, jadi ini dulu kilas balik ku awal-awal menjadi mahasiswa.Semoga bermamfaat,,,,!!!

1 komentar:

Uda_Syarief mengatakan...

biasa aja, ga "nendang" tulisannya

Komunitas

Entri Populer

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys