Followers

Jumat, 23 Maret 2012

Tidak Ada ’sesuatu’ yang Kebetulan

Setiap yang kita lakukan sudah ditentukan oleh Allah. Itulah yang dinamakan takdir. Sebelum bicara takdir, tentu semuanya memiliki proses Jadi tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Sehingga manusia dituntut untuk memiliki ikhtiyar (pilihan) dalam hidup. Ingin kaya rajin berusaha, ingin pandai cintai ilmu, Ingin masuk surga tertib Ibadah, pokoknya kalau ingin sesuatu harus dengan usaha. Jadi, apapun yang dilakukan harus dengan usaha dan bersungguh-sungguh.

Bagi yang suka membaca, tentu tahu novel ‘negeri lima menara’ yang sedang booming tahun lalu. Kisahnya inspiratif, walaupun banyak juga pengamat sastra yang mengatakan itu bukanlah karya sastra yang utuh. Tapi dengan ide sederhana ‘Man Jadda wa Jada’ akhirnya diterima oleh masyarakat luas. Begitu pula film ‘Kun Fa Yakun” yang ditulis Ustad. Yusuf Mansur. Memang disana bercerita tentang kegigihan orang berjualan. Akhirnya dengan usaha ada juga yang membantu. Ini sederet contoh, bahwasanya tidak ada yang kebetulan di dunia ini.

Kalau kita mempelajari eksak, maka akan ditemukan proses penciptaan manusia, penciptaan alam dan lain sebagainya. Kalau kita kaji kenapa kok Allah pakai proses. Kenapa kok tidak langsung dijadikan. Ternyata kalau kita kaji kata-kata ‘Kun fa yakun” yang artinya Jadilah, Maka Jadilah Ia. Kata Fa yang berarti maka merupakan proses. Jadi dalam setiap apapun, ada proses, ada usaha baru mendapatkan sesuatu.

Kehidupan, bagi saya adalah keajaiban. Karena banyak sekali kejadian yang diluar dugaan. Bisa terjadi, misalnya, ketika saya tidak memiliki uang ada saja orng yang mentraktir. Ketika butuh refreshing ada saja yang menemani. Tetapi tidak seluruhnya perjalanan kehidupan akan mulus. Kadang terlalu berharap kepada manusia malah membuat kita kecewa.

Intinya, kita harus bertaqwa kepada Allah, kalau ingin Allah membantu. Allah berfirman “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Tholaq: 2-3),

Jadi, setelah usaha, kita harus bertawakal kepada Allah. Apapun hasilnya, itu baru takdir kita. Tetapi bukan kebetulan kalau kita kaya, bukan kebetulan kita miskin, bukan kebetulan kita bersua, bukan kebetulan kita membaca tulisan ini. Ya kan??? :D

Arah yang disangka-sangka yang datang dari Allah, juga merupakan hasil Ikhtiyar kita. Yakinlah semua itu pasti bermula dari apa yang kita niatkan. Ini sesuai dengan hadis pertama dalam kitab hadis arbain. Semoga kita semua menjadi orang yang tangguh dan tidak percaya kepada suatu yang kebetulan.

Hidup sangat berharga, jika melakukan sesuatu yang bermamfaat, tanpa menunggu keajaiban datang. Tapi yakinlah dengan sesuatu yang bermamfaat, keajaiban itu akan datang sendirinya. . ^^

0 komentar:

Komunitas

Entri Populer

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys